Muscle Joseon, Manhwa Tentang Kerajaan yang Mendadak Jadi Tempat Gym

[Artikel 2#, kategori sejarah] Ada-ada saja ide dari pencipta komik Korea demi terus mempromosikan sejarah bangsanya. Belum selesai dengan Black Corporation, kali ini datang lagi komik dengan genre sama tapi temanya beda. Sebuah kerajaan mendadak berubah jadi tempat fitnes atau gym.

Seorang instruktur dan pelatih olahraga di era modern mendadak dipindahkan ala-ala isekai. Padahal si instruktur sedang tertidur di sofa, bukan seperti pada umumnya yang mendadak meninggal karena tertabrak truk.

Era Joseon

Muscle Joseon rilis pada tahun 2023. Komik ini hingga postingan kami terbitkan sudah 36 halaman. Sudah bisa kamu baca sekarang. Biasanya komik baru harus kami tunggu hingga 20-an chapter agar nyaman dibaca.

Instruktur fitnes yang akhirnya terbangun dari tidur sangat kaget dengan lingkungan sekitarnya. Apalagi mengetahui bahwa ia sekarang menjadi Pangeran Agung Jinyang. 

Ada banyak fakta sejarah diselipkan yang mau tidak mau, kami ikut terpapar karenanya. Namun tetap saja yang buat kami tertarik adalah orang modern pindah ke era kerajaan.

Di era tersebut, hidup seorang Raja bernama Sejong. Beliau dianggap sebagai tokoh sejarah nomor satu yang paling disegani oleh masyararakat Korea.

Harapan si MC atau pangeran dari apa yang ia ketahui langsung jatuh. Bayangan MC melihat sang Raja sangat gagah dan tubuhnya kekar. Namun malah sebaliknya, sang Raja terlihat gendut karena hobi makan.

Mulai melatih otot (muscle)

Secara singkat, si MC merasa tidak sreg dengan kehidupan kerajaannya. Mau gimana lagi, orang-orang dulu tentu tidak ngerti bagaimana membuat otot pada tubuh. Di sinilah tantangan MC kita membuat dirinya dulu sebagai model dengan melatih otot-otonya.

Melatih otot berarti kita harus berolahraga, menguatkan segala hal pada tubuh. Tujuan sederhanya tentu agar lebih sehat dan jauh dari kata penyakit. Seperti diabetes dan sebagainya.

Tidak sekedar mengajak orang-orang istana berolahraga dan melatih otot-otot, cerita di dalam komik juga banyak memberikan informasi soal kesehatan.

Pengetahuan modern

Seperti komik-komik sejarah lainnya yang sudah kami baca, termasuk komik hitam putih ala isekai. Si MC memanfaatkan pengetahuan modernnya untuk mengubah tradisi.

Sabun mandi. MC kita membuat sabun rupanya agar tubuh terasa segar dan wangi. Karena menurut MC, orang modern saja usai olahraga tanpa mandi dengan sabun akan terkena penyakit kulit.

Untunglah MC kita punya pengalaman buat sabun saat hidup di era modern. Hanya perlu mencari bahan yang sepertinya mudah untuk kita buat juga, sabun akhirnya tercipta untuk pertama kalinya di dinasti Joseon.

Selanjutnya membuat alat-alat pendukung gym. MC awal terbangun di era Joseon sangat terkejut dengan bentuk tubuhnya yang buncit. Berbanding terbalik dengan hidup di era modern yang begitu olahragawan.

...

Membacanya selalu membuat terkagum-kagum. Ada harapan dan juga kebahagiaan. Meski begitu, pertentangan selalu hadir karena tradisi tidak bisa diubah begitu saja karena kita lebih tahu. Dan itu butuh hasil daripada prosesnya.

Muscle Joseon cukup menarik diikuti. Perjalanannya tidak hanya di kerajaan Joseon saja, tapi ada negara lain yang mencoba memanfaatkan pengetahuan modern si Pangeran atau MC.

Artikel terkait :

Komentar