Gonta-ganti Domain, Website Komik Aman?

Kali ini kami tidak sedang membahas sebuah cerita komik. Namun sisi lain yang menarik untuk kami bicarakan. Apalagi ini terjadi bukan hanya pada satu web saja, melainkan beberapa dan cukup banyak. Jika kamu punya jawaban, silahkan komentar nanti di bawah.

Jadi, setahun belakangan ini kami sering mengunjungi alamat rumah (website komik) untuk singgah membenamkan diri dalam fantasi. Namun seiring waktu, rumah-rumah tersebut sering gonta-ganti alamat (domain). Ada apa?

Sebagai blogger tentu ini jadi pertanyaan. Jika itu kami atau para pemilik blog, rumahnya pasti akan dijaga mati-matian. Kami sampai sedih sekali ketika mendadak saja rumah kami mendadak rusak. Namun beda lagi jika tujuannya dan niat awal bangun rumah untuk diternakan kemudian dijual.

Kami yang masih baru beberapa tahun belakangan ini mulai jatuh hati dengan komik online, baru menyadari fenomena ini. Tiba-tiba saja web favorit mendadak hilang atau sulit diakses.

Kami sangat bersyukur apabila ada yang mengumumkan dari jauh-jauh hari bahwa domain atau alamat website mereka akan berubah kelak. Di sini, pembaca memahami dan siap ikut pindah.

Namun pertanyaannya adalah mengapa harus gonta-ganti domain? Bukannya trafiknya sudah tinggi dan alamatnya sudah bagus. Jika harus ganti, malah mulai dari nol lagi ngebangun semuanya?

Beberapa alasan yang kami pikirkan terlintas karenanya. Mungkin karena ilegal, makanya dicekal sama pemilik komik aslinya? Atau webnya dilaporkan dan digugat? Atau servernya bermasalah dan kapasitas hostingnya tidak memadai.

Yah, tidak ada satu pun jawaban yang kami pahami. Kami harap rumah yang sudah berganti tidak ganti lagi alamatnya. Tidak lelah harus pindah lagi dan lagi?

Artikel terkait :

Komentar